Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Meningkatkan Pengunjung Website Blog: Strategi Efektif untuk Meraih Traffic Lebih Banyak

ilustrasi kenaikan grafik pengunjung blog

Pembahasan cara meningkatkan pengunjung blog tidak pernah habis-habisnya, selalu ada cara baru untuk melakukan optimasi website seiring dengan perubahan alogaritma mesin pencarian pada masa tersebut.

Menarik lebih banyak traffic ke website Anda memerlukan kombinasi strategi yang cerdas. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda terapkan secara gratis untuk meningkatkan pengunjung Website:

1. Optimasi SEO 

Meneliti kata kunci yang tepat dan mengoptimalkan konten Anda dengan kata kunci tersebut dapat membantu website Anda muncul lebih tinggi di hasil pencarian. Caranya :

a. Riset Keyword sebelum menulis Artikel

Keyword adalah kata-kata atau kalimat yang sering digunakan oleh orang-orang saat mencari informasi di Internet melalui situs pencarian seperti google.com. 

Penelitian Kata Kunci: Identifikasi kata kunci yang paling relevan dengan bisnis Anda dan gunakan dalam konten Anda. Anda dapat menemukan kata kunci yang relevan dengan bisnis anda di situs pencarian kata kunci, seperti google keyword planner.

b. Optimasi Keyword di Judul Artikel

Optimasi On-Page: Gunakan kata kunci di judul, subjudul, dan konten. Juga, pastikan situs Anda memiliki struktur yang baik untuk navigasi yang mudah. Anda dapat meniru artikel ini, Lihat bagaimana kami meletakkan kata kunci dan mengatur navigasinya sehingga memudahkan anda membaca, sekaligus mengotimasi penerapan kata kunci. 

Pada artikel ini saya menggunakan Keyword sebagai judul artikel ini: "Cara meningkatkan Pengunjung Website Blog".

Anda bisa membuat judul yang lebih unik untuk artikel dengan tema yang sama, misalnya cara rahasia menambah pengunjung blogcara meningkatkan pengunjung website instan, dan berbagai judul unik lainnya. 

c. Optimasi Short Tail Keyword dan Long Tail Keyword

Short tail Keyword adalah kata kunci yang terdiri dari 2 kata, Contohnya: "Meningkatkan Penjualan" atau "SEO Website".

Long tail keyword adalah kata kunci yang terdiri dari lebih dari dua kata, Contohnya:  “Cara Terbaik untuk meningkatkan pengunjung website” atau “Cara menerapkan SEO pada Website”. 

Gunakan kedua jenis Keyword ini didalam artikel Anda. Berikut ini situs yang bisa Anda gunakan untuk mencari ide-ide keyword:

I. Google Keyword Planner 

Tampilan halaman google keyword planner


II. Keywordtool

Cara meingkatkan website di google dengan reset keyword

2. Bikin Konten Berkualitas

Bikin Konten atau Artikel Berkualitas untuk Menaikkan Traffic Website

a. Bikin Konten Berkualitas Tinggi

Buat konten yang menarik, informatif, dan mengatasi masalah yang dicari oleh pengguna. Anda dapat mencari referensi konten berkualitas di situs pencarian google. 

Riset artikel-artikel lain yang bertema sama, Dari daftar artikel tersebut coba Anda perhatikan apakah ada informasi yang bisa ditambahkan. Konten yang berkualitas akan anda temukan pada halaman pertama google.

b. Pelajari Website Yang Menduduki Posisi Pertama di Google

Cari tau bagaimana kualitas konten website yang menduduki posisi teratas pada halaman pencarian google.

Misalnya, Anda ingin membuat artikel tentang "tips meningkatkan pengunjung website" maka amati konten terbaik yang sudah ada dan kembangkan artikel tersebut dengan menambah informasi terbaru! 

Contoh Kasus : 

Tahap Pertama, Penulis mencari artikel teratas di situs google yang membahas topik serupa.  

Pencarian Artikel meningkatkan pengunjung blog dan website di google
Data diatas penulis dapatkan saat menulis artikel ini pada awal januari 2023. 

Dari ribuan artikel cara meningkatkan pengujung website, ada 3 artikel yang menduduki posisi teratas di halaman 1 google, artikel tersebut diterbitkan oleh: hostinger, niagahoster, dan glints

Tahap Ke-Dua, Penulis membuat rangkuman materi yang telah dibahas oleh ketiga situs tersebut. Berikut ini rangkuman cara meningkatkan pengunjung website dari 3 artikel teratas pilihan google: 

  1. Riset Keyword
  2. Riset Kompetitor
  3. Buat Judul yang Menarik
  4. Update Konten Lama & Relaunce konten yang Sudah Diperbarui
  5. Targetkan Short Tail dan Long Tail Keyword
  6. Gunakan LSI Keyword
  7. Optimalkan Website untuk Mesin Pencari
  8. Tambahkan Visual yang Menarik
  9. Lengkapi Artikel dengan Video 
  10. Mulai Campaign Email Marketing
  11. Lakukan Guest Post
  12. Aktif di Komunitas Online
  13. Tambahkan Tombol Share Media Sosial
  14. Posting di Media Sosial Secara Teratur
  15. Tulis Konten yang Bagus
  16. Kirim Email Marketing 
  17. Manfaatkan Medium
  18. Buat Website Anda Mobile Friendly
  19. Audit Konten yang Tidak Update
  20. Implementasikan Program Afiliasi
  21. Masukkan External Link
  22. Buat Internal Link
  23. Tingkatkan Kecepatan Website
  24. Manfaatkan Facebook Ads
  25. Buat Channel YouTube
  26. Beriklan di Instagram
  27. Coba Influencer Marketing
  28. Tampilkan Kode QR
  29. Gunakan LinkedIn
  30. Publikasikan Guest Post
  31. Adakan Webinar

Tahap Ke-Tiga, Penulis menyeleksi poin-poin mana saja yang masih layak untuk dibahas dan masih worth it untuk digunakan saat ini, kemudian menambah beberapa poin lain yang belum dibahas oleh kompetitor. 

Tahap Ke-Empat, Kembangkan Setiap Poin Yang Telah Dirangkum. Jangan hanya copy-paste artikel orang lain, berikan informasi tambahan agar artikel website Anda berkualitas.  

Bikin materi yang unik dan berkualitas agar website Anda layak untuk ditampilkan. Google akan menyeleksi artikel-artikel yang berkualitas untuk tampil di halaman pertama.

c. Gunakan AI: Chat GPT (Open AI) 

Chat GPT adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh Open AI. Chat GPT merupakan mesin pintar yang bisa menjawab semua pertanyaan Anda dalam bentuk teks otomatis.

Gunakan Chat GPT untuk mencari ide dan referensi untuk membuat sebuah artikel website yang berkualitas. 

Lihat SS Chat GPT dibawah ini:

Tampilan Chat GPT Open AI
Chat GPT dapat membantu Anda untuk mencari ide, referensi, dan mengembangkan konten.

d. Manfaatkan Topik yang sedang Trending

Buka situs google trend untuk melihat berita yang sedang tred di internet. Hubungkan konten Anda dengan isu-isu terkini. 

Misalnya topik sepak bola sedang trending sedangkan blog anda membahas tentang kesehatan, maka buatlah artikel yang berhubungan, seperti manfaat bermain sepak bola dari segi kesehatan.

e. Optimasi Konten: Relaunce konten Baru 

Update Konten lama untuk Menaikkan Traffic Konten blog

Optimasi Ulang Konten: Perbarui konten lama dengan informasi terbaru, tautan internal baru, dan konten multimedia.

Bagikan Ulang Konten: Promosikan kembali konten lama melalui media sosial dan newsletter. Bisa jadi ada audiens baru yang belum melihatnya.

Langkah ini bisa Anda terapkan pada artikel-artikel yang kontennya layak untuk diupdate.Contohnya artikel yang sedang Anda baca sekarang: "cara meningkatkan pengunjung website" Jenis artikel ini bisa selalu diperbarui seiring perkembangan alogaritma mesin pencarian.  

3. Share Link Website 

Share link Website untuk Menigkatkan traffic Website

Dalam upaya untuk meningkatkan pengunjung website Anda, Gunakan berbagai platform media di situs-situs sosial untuk mempromosikan konten Anda. 

a. Share link di Komunitas Media Sosial

Bagikan artikel di komunitas media sosial, seperti group facebook dan facebook page. misalnya niche blog anda seputar anime. Anda bisa gabung di komunitas pecinta anime. 

Jika anda aktif di media sosial lainnya seperti Tiktok, Instagram, dan lain sebagainya maka cobalah untuk membagikan artikel pada media tersebut. Dengan begitu, Anda telah mengajak koneksi Anda untuk berkunjung ke website Anda. 

b. Backlink dari sesama Bloger

Mendapatkan backlink dari blogger lain artinya membangun komunikasi yang baik dengan sesama bloger. Meski penulis belum menerapakan cara ini tetapi cara ini termasuk strategi penting untuk meningkatkan traffic website.

Cari blog dengan niche yang sama, tiggalkan komentar yang berguna agar anda mendapat respon yang baik dan kunjungan dari penulis atau pengunjung blog lainnya.

c. Backlink Berkualitas

Backlink dapat meningkatkan otoritas situs Anda di mata mesin pencari. Dapatkan tautan dari situs terkait atau berpengaruh. 

d. Buat Internal Link

Internal link yaitu menyertakan sebuah link dalam artikel yang mengarahkan pembaca untuk membaca artikel lainnya pada blog tersebut.

Sebaiknya internal link disertakan dalam topik yang terkait. Misalnya, Paragraf ini membahas topik tentang url/link. Kalau penulis mempunyai artikel lain yang membahas tentang link. Pada paragraf ini penulis akan mengarahkan Anda untuk membaca artikel tersebut, contohnya:

Baca juga : Cara Membuka Shorten Link

4. Optimasi Tampilan Website Blog dan Domain

Pengunjung blog tentu lebih menyukai blog yang dapat diakses dengan mudah dan cepat. Beberapa hal yang mempengaruhi optimasi website adalah:

a. Gunakan template yang responsif

Responsif disini artinya blog dapat diakses dengan baik dari semua perangkat digital, sepeti komputer, ponsel dan tablet. 

Menggunakan template yang berbayar tentu lebih optimal. Jika anda memakai template gratis pastikan tampilannya simpel dengan responsif.

b. Minimalkan Ukuran File Foto

Gunakan foto atau gambar dengan ukuran paling minimal, semakin kecil ukurannya semakin cepat proses loadingnya. Lebih baik menggunakan foto atau gambar dengan ukuran dibawah 100kb, Kecuali blog anda bertema fotografi dimana kualitas foto berperan penting.

c. Minimalkan penggunan plugin

walaupun beberapa plugin mempercantik tampilan blog anda, namun penggunaan plugin juga berarti menambah data halaman. Hapus pluggin yang tidak penting agar halaman blog lebih ringan.

d. Minimalkan Tampilan Space Iklan Pada Blog

Posisikan banner iklan dengan teratur. Jangan menampilkan banner iklan yang berlebihan pada halaman artikel karena itu mengganggu pengunjung saat membaca artikel Anda.

Atur batasan minimal tampilan iklan baner atau iklan pop-up dalam satu halaman blog. Penggunaan iklan yang berlebihan akan membuat pengunjung tidak nyaman dan meninggalkan blog anda.

e. Gunakan Nama Domain yang Simpel dan profesional

Nama domain adalah identitas dari website Anda. Gunakan nama domain yang simpel dan mudah untuk diucapkan. Gunakan domain yang profesional, Seperti namadomain(dot)com atau namadoamain(dot)id. Situs yang menggunakan nama domain profesional akan lebih mudah untuk diingat dan dipercaya.

Misalnya, antara domain yakonten.blogspot.com dan domain yakonten.com manakah yang lebih mudah diingat dan terlihat profesional? Pasti jawabannya adalah yakonten.com.

Inilah Cara Terupdate dalam meningkatkan Pengunjung Website atau Blog yang bisa Anda terapkan. Anda boleh berkomentar untuk bertanya atau menambah referensi lainnya. Semoga bermanfaat!


4 komentar untuk "Cara Mudah Meningkatkan Pengunjung Website Blog: Strategi Efektif untuk Meraih Traffic Lebih Banyak"

  1. Konten yang Bermanfaat. Terima Kasih - https://sudutpandangcynthia.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Thanks sir,
    this is so very excited for me.

    BalasHapus
  3. Thanks sir,
    this is so very excited for me.

    BalasHapus
  4. Thanks sir,
    this is so very excited for me.

    BalasHapus