Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Digital Marketing Berdasarkan Study Case

Selamat datang di yakonten! Blog yang membahas tentang tutorial software dan aplikasi, review, rekomendasi, tips internet, komputer, yang diselingi dengan berbagai konten menarik lainnya. 

Pada artikel ini saya ingin membahas tentang pentingnya menerapkan strategi Digital Marketing pada bisnis anda. Pada zaman ini, iklan media digital sangat efektif untuk meningkatkan pasar bisnis Anda.

Fungsi Banner Iklan

Banner iklan dibuat untuk mempublikasikan produk atau layanan. Banner iklan dirancang untuk menyampaikan pesan visual yang menarik perhatian banyak orang.

Diperlukan rancangan yang menarik agar pesan visual yang dipublikasikan dapat dipahami dan menarik segmen pasar yang ditargetkan. Penggunaan kata, gambar, gaya huruf, gaya bahasa dan kombinasi warna menentukan reaksi orang yang melihat iklan tersebut.

Sebaiknya Gunakan materi desain premium dengan kualitas gambar yang tajam agar banner iklan anda nyaman untuk dilihat dan dibaca.

Kalau anda sedang berada di tempat umum luangkan waktu untuk melihat sekeliling. Lihatlah berapa banyak banner iklan yang terpasang di sepanjang jalan yang anda lalui?

iklan baliho
source img:google

Ada banyak Banner iklan yang terpasang disepanjang jalan, diantara semua iklan berjejer di sepanjang jalan yang anda lalui, banner mana yang menarik perhatian anda ? (dengan catatan anda tidak sedang mencari produk atau jasa tersebut). 

Pasti ada satu iklan yang lebih menarik perhatian Anda diantara banner iklan lainnya. Artinya, Desain banner iklan tersebut sudah berhasil memikat perhatian orang melalui komunikasi visualnya.   

Banner Iklan Digital VS Banner Iklan Cetak

Selain menggunakan desain visual yang baik, lokasi pemasangan banner penting untuk diperhatikan. 

Banner iklan seharusnya dipasang ditempat keramaian, seperti persimpangan jalan, pasar, dan pusat keramaian lainnya. Tujuannya adalah menarik perhatian semua orang yang melewati tempat tersebut.

Pada zaman yang serba digital saat ini perharian orang lebih banyak tertuju pada perangkat digital, seperti komputer dan ponsel pintar bahkan ditempat keramaian sekalipun.

Artinya, perangkat digital sangat efektif untuk dijadikan lahan iklan yang mempromosikan bisnis Anda. Dimanapun tempat iklannya tujuannya tetap sama, yaitu menyampaikan pesan promosi.

Apa perbedaan Banner Iklan Digital dan Banner Iklan Cetak yang anda lihat di jalan umum ? 

iklan digital marketing
souce img:google

Banner iklan digital, seperti iklan facebook, instagram, dan google dapat dikemas dengan tampilan visual yang lebih menarik dibandingkan dengan Banner iklan cetak.

Pada Iklan digital Anda dapat mengatur target pasar, menganalisa efektivitasi dari iklan tersebut untuk membuat strategi baru yang lebih efektif untuk rancangan desain iklan kedepannya. 

Oleh sebab itu, Ponsel pintar menjadi ladang bisnis yang efektif untuk mempromosikan bisnis anda saat ini. Banner iklan digital dapat menjangkau area promosi yang lebih luas, terukur, dan segmented.

Praktik Digital Marketing

Penulis ingin berbagi cerita tentang seorang sales yang menggunakan strategi digital marketing. Begini ceritanya :

Dari ratusan pelamar yang mengikuti seleksi untuk menjadi sales pada sebuah perusahan otomotif terbesar di Jakarta hanya tujuh orang yang dinyatakan lulus setelah mengikuti beberapa tahapan tes.

Selanjutnya, 7 orang ini harus mengikuti masa percobaan kerja selama 3 bulan dengan syarat menjual 3 unit mobil dalam waktu 3 bulan. Hanya yang mencapai target yang akan diangkat menjadi karyawan tetap.

Singkat Cerita! Dari 7 orang yang mengikuti masa probation pada waktu itu hanya 1 orang yang mampu mencapai target dan 6 lainnya gagal. 

Ini adalah pengalaman spesial baginya karena hanya dia yang bisa lulus diantara ratusan peserta yang sama-sama berjuang mengikuti tes pada gelombang tersebut. 

Dan yang lebih spesial lagi, pada waktu itu penjualan mobil sedang menurun sehingga sales senior pada perusahaan tersebut juga mengalami kesulitan untuk mencapai target jual mereka pada bulan itu.

Ajaibnya !!! orang yang berhasil menjual 3 unit mobil ini bukan berasal dari Jakarta, dia baru menetap beberapa bulan di jakarta dan baru memahami sedikit tentang otomotif.  

Sejujurnya... dia menjual 3 unit mobil dalam waktu 2 bulan, karena di bulan pertama dia habiskan untuk mempelajari produk dan fokus memahami tentang otomotif.

Mungkin Anda bertanya-tanya apa Rahasianya? Bagaimana caranya orang baru yang belum memiliki banyak relasi dan belum memahami betul tentang otomotif bisa menghasilkan penjualan yang lebih banyak dari pada beberapa sales senior pada perusahaan tersebut? 

Rahasianya adalah Digital Marketing ! Kok tau? karena orang tersebut adalah saya! hehehe

Berbekal pengalaman digital marketing yang pernah dilakukan pada pekerjaan sebelumnya, Saya coba terapkan pada pekerjaan ini.

Penulis mulai merancang desain iklan digital untuk promosikan ke media sosial, facebook, instagram, whatsapp, dan beberapa situs online marketplace lainnya. 

Berikut halaman Facebook yang penulis gunakan untuk membuat iklan promosi: Lihat Disini 

facebook page digital marketing

Dari Iklan Digital penulis berhasil menjual 3 unit mobil dalam waktu 2 bulan. Sejujurnya hampir 90% penjualan mobil selama saya berkerja pada perusahaan tersebut berasal dari digital marketing. 

Harga 1 unit mobil pada waktu itu berkisar 200-300 Jutaan, Artinya total transaksi dari iklan digital ini lebih dari 1 Miliyar. Yapp!! Transaksi yang nilainya lebih dari Rp 1 Miliyar melalui iklan digital. 

Sudah paham bagaimana Ajaibnya Iklan Digital pada saat ini ! Selanjutnya mari kita bahas beberapa poin penting tentang keuntungan Digital Marketing. 

5 Keuntungan Digital Marketing

Berikut ini beberapa keuntungan yang saya simpulkan berdasarkan pengalaman pribadi. diantaranya:

1. Harga Murah Budget Bisa Disesuaikan 

Membuat iklan di media sosial bisa dimulai dari Rp 100.000,-. Budget ini bisa disesuaikan dengan dana yang Anda miliki, semakin besar target pasar semakin besar pula dana yang harus disiapkan. 

2. Mengatur Target Promosi Berdasarkan Minat, Usia, dan Lokasi

Target iklan di media sosial dapat disesuai dengan segmen pasar, minat, usia, dan lokasi.

3. Cocok Untuk Semua Jenis Produk Atau Jasa

Digital marketing bisa digunakan untuk semua jenis promosi barang atau jasa. 

4. Jangkauan Area Promosi Luas

Kampanye iklan digital marketing menjangkau seluruh wilyah Indonesia. 

5. Terhubung Langsung Dengan Konsumen

Konsumen yang membuka iklan bisa diarahkan langsung terhubung dengan whatsapp

3 Aplikasi Terbaik Untuk Digital Marketing

Sejauh ini ada tiga aplikasi yang sering digunakan untuk pemasaran online, yaitu Instagram, Facebook, dan Whatsapp.

aplikasi digital marketing


Ketiga aplikasi diatas paling sering dibuka dan paling banyak penggunanya, semua smartphone yang berbasis android menginstall ketiga aplikasi diatas didalam aplikasi bawaan pabrik. 

Oleh sebab itu, Ketiga aplikasi diatas sangat efektif dijadikan tempat mempromosikan bisnis khususnya untuk segmen pasar Indonesia. 

Kesimpulan

Saat ini digital marketing merupakan hal penting dalam dunia bisnis, Jika ingin bisnis anda berkembang terapkan iklan digital pada bisnis anda. 

Jika anda ingin membuat desain sendiri, gunakanlah materi desain yang premium dan berlisensi agar konten iklan anda terlihat lebih profesional.

Anda juga bisa menghubungi saya untuk berdiskusi lebih lanjut tentang desain yang anda butuhkan, lihat laman desain yakonten disini 

Jika Anda punya pengalaman menarik tentang digital marketing silahkan share bersama kami dikolom komentar. Wassalam...

1 komentar untuk "Keuntungan Digital Marketing Berdasarkan Study Case"

  1. Digital marketing memang sangat penting bagi peningkatan penjualan perusahaan. Terima kasih insightnyaaa

    BalasHapus