Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Reset Ponsel Android

Pengertian Reset Android

Dalam dunia digital reset berarti sebuah proses mengembalikan semua data digital kembali ke setelan awal atau yang biasa disebut dengan setelan pabrik.

Semua perangkat digital yang digunakan untuk menyimpan data dapat direset ke data awal, seperti modem, komputer, dan berbagai perangkat digital lainnya seperti perangkat android.

Proses reset pada ponsel Android akan akan menghapus Semua data dan setelan yang pernah disimpan dan dikembalikan ke data awal atau data pabrikan.

Ada dua cara mereset ponsel android, yaitu Softreset dan Hardreset. Berikut penjelasanya:

Pengertian Soft Reset Pada Ponsel Android

Softreset pada ponsel Android artinya Proses reset yang dilakukan dengan bantuan software. Ponsel Android menyediakan menu reset dalam halaman pengaturan. Buka menu pengaturan/setelan ponsel, kemudian cari Menu "Kembali ke Setelan Pabrik" untuk melakukan proses Soft Reset pada ponsel android.

Jika Anda tidak bisa membuka menu setelan pabrik pada ponsel android. Lakukan hardreset pada ponsel android anda.

Pengertian Hard Reset Pada Ponsel Android

Hardreset Pada ponsel Android artinya melakukan proses reset melalui hardware. Perangkat digital selalu menyediakan tombol reset dalam perangkatnya. Contohnya, tombol reset pada perangkat modem bolt yang pernah penulis bahas pada artikel sebelumnya.

Baca disini: Cara Reset Modem Bolt Orion

Pada Ponsel android anda tidak akan menemukan tombol khusus untuk mereset ponsel, tetapi anda bisa masuk ke menu recovery android dengan cara menekan tombol kombinasi secara bersamaan. Reset ponsel bisa dilakukan melalui menu Recovery. 

Masing - masing Ponsel android menggunakan kombinasi tombol reset yang berbeda-beda. tombol kombisnasi ini biasanya terdiri dari 2 sampai 3 tombol, yaitu:

Tombol Home - Tombol Power - Tombol Volume Up - Tombol Volume Down

Ponsel android saat ini memiliki tampilan layar yang full-touchscreen dibagian depannya, Sehingga tombol home yang biasanya terletak pada bagian depan sudah dihilangkan. Oleh sebab itu, Ponsel Android terbaru (kira-kira awal tahun 2019 ke atas) tidak lagi menyertakan tombol home sebagai kombinasi tombol hardreset.

Hard Reset Pada Ponsel Android terbaru dapat dilakukan dengan menggunakan dua tombol, yaitu:

1. Tombol Power - Tombol Volume Up
2. Tombol Power - Tombol Volume Down

Silahkan coba salah salah satu dari dua kombinasi diatas untuk melakukan hardreset pada ponsel android yang anda gunakan. Kombinasi tombol diatas akan membuka halaman Recovery Android.

Pada halaman Recovery android, Anda bisa menghapus semua data yang tersimpan dalam ponsel dan mereset ulang pengaturan ponsel android ke setelan pabrik.

2 Menu Recovery yang digunakan untuk mereset ponsel Android

Halaman Recovery pada ponsel android umumnya menampikan 2 pilihan menu:

1. Rebort
2. Wipe data
Tampilan Menu Recovery Android

Menu Wipe Data berfungsi untuk menghapus semua data yang tersimpan dalam memori internal dan memori eksternal yang terpasang dalam ponsel android tersebut.

Menu Rebort berfungsi untuk menghentikan semua sistem yang sedang berjalan dan mengembalikan semua pengaturan yang tersimpan menjadi pengaturan default atau pengaturan bawaan pabrik.

Bahaya Mereset Ponsel Android

Sebelum mereset ponsel android. Ada baiknya Anda mengetahui resiko-resiko yang akan terjadi setelah ponsel di reset ulang, diantaranya:

1. Kehilangan data Penting

Seperti yang penulis katakan di awal bahwa proses reset artinya menghapus semua data, baik itu data yang ada dalam ponsel dan memori eksternal semuanya akan terhapus, data yang telah terhapus tidak akan bisa dikembalikan ulang.

Solusinya : BackUp semua data penting sebelum melakukan reset.

2. Ponsel Error atau Rusak

Ponsel android yang rusak karena proses reset ulang disebabkan karena proses reset yang terhenti secara tiba-tiba. Misalnya, karena baterai habis, atau hal-hal lain yang menyebabkan proses reset tidak berjalan dengan baik.

Kerusakan seperti ini akan menimbulkan masalah seperti, Ponsel Android tidak bisa dibuka atau hanya menampilkan logo android (stuck di logo) kemudian mati secara otomatis. Masalah seperti ini harus diperbaiki melalui perangkat komputer dengan cara mengistall ulang ponsel android tersebut.

Solusinya : Bawa ponsel Anda ke servis center terdekat dan jelaskan masalahnya.

3. Ponsel Terkunci

Masalah ponsel yang terkunci sering ditemukan pada jenis ponsel android seri terbaru. Ponsel android terbaru menggunakan sistem keamaan yang lebih baik.

Setelah perangkat di reset, Sistem keamanan android akan meminta Anda untuk memasukkan email dan kata sandi yang sebelumnya digunakan pada ponsel tersebut.

Hal ini dibuat untuk menghindari kejahatan yang sering dilakukan pada ponsel curian. Dengan sistem keamanan seperti ini, Pengguna diharuskan untuk mengetahui email dan kata sandi sebelum mereset perangkatnya andoridnya.

Solusinya : Pastikan kamu mengingat email dan kata sandi sebelum melakukan proses reset.

Manfaat Mereset Ponsel Android

Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan setelah mereset ponsel:

1. Memperbaiki Ponsel Lemot

Ponsel android yang lambat/lemot biasanya disebabkan oleh ukuran data yang tersimpan dalam memori ponsel telah melebihi kapasitas penyimpanan normal. Untuk memperbaiki hal ini, Reset ponsel android Anda.

Menghapus semua data yang tersimpan akan berpengaruh terhadap performa ponsel. Kapasitas memori dan penggunaan ram akan semakin lega yang membuat performa ponsel android semakin meningkat.

2. Menghapus File Sampah

Semua aplikasi android yang diinstall pada ponsel akan membuat folder penyimpanan. file-file kecil ini tersimpan di dalam memori ponsel. Walaupun aplikasi sudah di uninstall ada beberapa file yang masih tersisa dalam memori ponsel.

File ini biasanya disebut dengan dengan file sampah, Melakukan reset ponsel akan menghapus semua file sampah yang tersimpan di dalam memori ponsel.

Cara Reset Ponsel Android

 Berikut ini tahapan untuk mereset ponsel android:

1. Matikan Ponsel
2. Hidupkan Ponsel dengan menekan dua tombol kombinasi
3. Pada halaman recovery, Pilih menu wipe data - dan Pilih "yes" 
4. Tunggu proses penghapusan selesai
5. Pilih menu rebort - dan Pilih "yes"
6. Proses Reset Ponsel telah Berhasil

Setelah melakukan semua tahapan diatas, Ponsel akan kembali ke halaman penyetelan dasar dimana tampilan halamannya sama persis seperti ponsel baru. Tahapan selanjutnya adalah memasukkan data dan melakukan penyetelan dasar.  

Video Tutorial Reset Ponsel Android


Posting Komentar untuk "Cara Reset Ponsel Android"